Cara Mengatasi Insecure pada Remaja Hidup Lebih Tenang!

Diposting pada

Cara mengatasi insecure pada remaja

Semakin berkembangnya zaman sekarang ini bisa membuat orang salah menanggapi dan menikmati hidup. Salah satunya merasa kurang percaya diri atau insecure. Cara mengatasi insecure pada remaja ini harus Anda ketahui dan Anda terapkan agar tidak mengalami penyakit mental.

Merasa kurang percaya diri sebenarnya juga akan membuat kesehatan mental tidak stabil dan akan mengalami beberapa gangguan penyakit mental. Agar hal itu tidak terjadi, sebaiknya para remaja pintar-pintar dalam menikmati hidup.

Ketahui Cara Mengatasi Insecure Pada Remaja!

Ada beberapa anak masa remaja bisa menjadi kondisi sulit dan penuh tantangan apalagi di era zaman modern sekarang ini. Cara mengatasi insecure pada remaja terdapat banyak cara untuk Anda terapkan. Masa remaja memang waktunya akan ada banyak tekanan, tanggung jawab, rasa tidak pasti, dan keraguan.

Apalagi sekarang ini, pengaruh media sosial menurut setiap orang untuk tampil sempurna dan cantik. Bukan hanya itu, ada anak remaja bisa saja jadi sasaran bullying di sekolah karena penampilan atau cara berpakaiannya. Hal tersebut karena perubahan hormonal yang dialami ketika masa remaja.

Sebagai para orang tua bisa membantu meringankan ketidaknyamanan anak dengan menasehati agar mempunyai kepercayaan diri sendiri. Berikut beberapa cara mengatasi rasa kurang percaya diri pada masa remaja.

Komunikasi Dua Arah

Langkah pertama dalam mengatasi insecure adalah membangun komunikasi dengan baik, yakni dua arah. Jika ada hal mengganggu anak, ibu harus menjadi orang pertama akan mereka datang untuk meminta bantuan. Ibu juga perlu memberitahukan kepada anak jika mempunyai masalah dari sudut tanpa dihakimi.

Positif Thinking

Setiap orang pasti mempunyai masalah dan kendala, namun hal itu bisa disikapi dengan cara berbeda-beda setiap pribadi. Berpikir positif dapat meminimalisir stres tersebut. Selain itu dengan mempunyai pikiran baik akan meminimalisir munculnya perasaan negatif mengarah pada insecurity. Jadi hal inilah akan membuat orang mengalami stress, kecemasan, dan ketakutan.

Kurangi Aktivitas Media Sosial

Media sosial bisa menjadi penyebab pertama anak remaja merasakan insecure. Jadi sebaiknya kurangi aktivitas penggunaan sosial media. Jika misalnya menghabiskan waktu 2-3 jam untuk membuka sosmed, cobalah melakukan batasan dengan membukanya selam 1 jam saja. Cara ini kemungkinan akan membuat lebih tenang dan tidak terganggu dengan insecure.

Mengenali Kelebihan Diri Sendiri

Jika berbicara tentang kekurangan, tentunya setiap orang mempunyainya. Kekurangan juga ada kelebihan. Makanya agar tidak merasa insecure karena penampilan atau bahkan hal apa saja itu, kenali dan dalami kelebihan pribadi diri sendiri.

Jangan hanya mengenal dan mendalami kekurangan Anda saja. Dengan mengenali kelebihannya akan lebih baik dan merasakan bahwa pribadi ini tidak perlu diubah hanya untuk menyenangkan orang lain saja.

Melakukan Kegiatan yang Seru

Rasa insecure memang membuat gelisah, sedih, sakit, bahkan perasaan merasa kurang sempurna. Hal itu bisa tersingkirkan hanya dengan melakukan kegiatan lebih seru dan menarik seperti kumpul bersama keluarga, mendengarkan musik, berlibur ke pantai, dan hal yang Anda senangi.

Baca juga Tips Agar Tidak Mudah Tersinggung dan Mampu Ciptakan Ketenangan

Berhenti Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Cara mengatasi insecure pada remaja selanjutnya adalah berhenti untuk membandingkan diri sendiri dengan gaya hidup orang lain. Kebanyakan remaja sekarang ini memang melakukan hal tersebut sehingga akan membuat insecure.

Sebaiknya jangan sekali-kali membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Karena Anda hidup bukan untuk membuat penampilan sempurna. Jalankan dengan gaya diri sendiri saja.

Cara mengatasi insecure pada remaja di atas bisa jadi obat dan referensi untuk Anda agar tidak mengalami masalah serius seperti depresi atau menurunnya kesehatan mental. Jadi dengan cara tersebut akan membuat perasaan lebih baik dan tenang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *